Liburan Si Kecil ke INKRA Garden Taman Edukasi Alam

20180114_201000Bosan dengan destinasi wisata yang monoton diantaranya perjalanan wisata ke sejumlah objek wisata bahari membuat saya mengajak si kecil bersama keponakan mengunjungi salah satu objek wisata yang belum ada duanya di Lampung Selatan. Kenapa belum ada duanya? karena konsep perpaduan antara view pegunungan dan view laut menyatu dalam satu lokasi yang jarang ditemukan di tempat lain yang ada di Lampung Selatan.

Anugerah tersebut setidaknya menjadi berkah bagi pak Bambang bersama keluarga dan mba Loka Kusumawati yang dengan penuh keramahan menyambutku saat berkunjung ke objek wisata berkonsep taman bunga tersebut di Desa Hargopancuran Kecamatan Rajabasa tepat berada di di bawah lokasi pengamatan Gunung Krakatau Badan Geologi,Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi
di bawah Kementerian ESDM.20180114_201425

Jalan berkelok kelok dari arah Kalianda,Penengahan maupun Bakauheni menghantarkan kami ke lokasi tersebut dengan sambutan jajaran pohon cengkih yang ada di sepanjang jalan selanjutnya bebatuan besar pegunungan di wilayah tersebut. Sebelum memasuki ke INKRA Garden kompleks kantor pemerintahan Desa Hargopancuran menyambut lengkap dengan sisa peninggalan tungku Belanda bukti sejarah keberadaan kolonisasi di wilayah tersebut.20180114_201237

Pak Bambang dan mba Loka Kusumawati dengan penuh semangat mengisahkan konsep awal pembuatan taman yang diberi nama INKRA akronim dari Intai Krakatau merujuk pada lokasi yang juga bisa digunakan untuk mengintai atau mengamati Gunung Krakatau dari lereng Gunung Rajabasa. Selain memiliki nilai edukasi tentang kegunungapian,selanjutnya di lokasi tersebut mulai ditanam berbagai jenis bunga penambah semarak bagi objek wisata berkonsep taman tersebut.

Kerinduanku saat berada di Taman Bunga Nusantara Cianjur Jawa Barat seolah terobati sekaligus mengajak putriku berlibur di taman penuh bunga tersebut dengan jalan setapak dan berada di lereng Gunung Rajabasa tersebut. Sebuah rumah pohon, rumah piramid serta labirin dari pohon adas adasan disebut Loka menjadi daya tarik sekaligus kesukaan bagi anak anak yang berkunjung.
20180114_201226
”Kebetulan ayah merupakan pensiunan dari pertanian dan saya juga jurusan pertanian sehingga keluarga sepakat ingin bertani namun bisa bermanfaat buat orang banyak sekaligus menjadi lokasi wisata,”ungkap Loka Kusumawati.

Mba Loka Kusumawati yang mengaku menyukai wisata petualangan ke alam bebesa bersama sang adik Atmatri Hidayati bahkan terus berusaha mengembangkan objek wisata tersebut dengan ide,penggarapan serta promosi dilakukan secara bersama. Penyuka alam yang sejuk tersebut bahkan mulai mendatangkan lebih dari 25 jenis bunga yang cocok dan bisa dikembangkan di wilayah tersebut diantaranya beragam jenis bunga kertas,adas adasan dan berbagai jenis bunga lain.

Kesukaan puteriku untuk menikmati suasana INKRA Garden bahkan semakin terlihat dengan asik bermain di sejumlah sudut taman penuh bunga tersebut. Berjalan diantara taman bunga dan menikmati pemandangan dari rumah panggung dan rumah pohon menjadi keasikan tersendiri saat berada di taman tersebut bahkan dengan bermekarannya beragam bunga membuat kumbang,kupu kupu dan lebah berdatangan di INKRA Garden.

INKRA Garden yang memiliki keindahan alam pegunungan dan view pantai melihat kapal kapal tanker,kapal kargo dan kapal tol laut melintas sekaligus menjadi edukasi bagi anak anak yang diajak berkunjung ke INKRA Garden. Cukup membayar Rp5000 sebagai tanda terima kasih atas penyajian alam yang indah dan taman bunga yang ciamik INKRA Garden bisa jadi alternatif liburan di Lampung Selatan yang lagi Ngehits.

Setelah lelah bermain di INKRA Garden perjalanan wisata bersama putri dan keponakanku menyusuri Gunung Rajabasa menuju ke sejumlah pantai selanjutnya menikmati beberapa pantai yang menghadirkan keindahan dan tentunya melepas kepenatan setelah sepekan beraktifitas.
20180114_201158_120180114_20102920180114_201346_1_120180114_201300
20180114_201237
20180114_201328
20180114_201401

Iklan
Categories: Adventure, Adventure and Treking, Anak anak, Kisah Kisahku | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: