Jembatan Keren di Penengahan

henk-widi-4

Beberapa kali berada di lokasi berbeda perjalanan ke lokasi pedalaman selalu menemukan hal hal baru diantaranya melewati beberapa jembatan. Jembatan gantung (hanging bridge) atau suspension bridge yang kutemui dalam perjalanan diantaranya di Malang Jawa Timur, Lebak Banten, Pesisir Barat, Lampung Barat. Perjalanan jauh yang melewati jembatan jembatan gantung tersebut diantaranya harus membutuhkan keberanian. Meski demikian akses jalan satu satunya membuat perjalanan harus melewati jembatan.

Kini perjalanan untuk menikmati jembatan yang melintasi sungai tersebut tak harus jauh jauh karena ada juga di Penengahan. Jembatan tersebut bahkan ada yang dibangun seusia penulis. Di mana jembatan tersebut berada?

1.Jembatan Gantung Sukabaru

Lokasinya berada di Dusun Buring Desa Sukabaru dengan sistem suspension bridge sehingga saat melintas kudu hati hati. Bergoyang asik Sambalado apalagi saat menggunakan kendaraan roda dua. Konstruksi sederhana ini jadi saksi kehidupan warga di sini tua muda setiap hari. Ini penampakannya:

henk-widi-7henk-widi-3henk-widi-4

Jembatan tersebut melintasi Sungai Way Pisang yang menjadi sungai terpanjang dan terbesar di Kecamatan Penengahan. Akses penunjang tersebut hanya menggunakan penopang dari tali baja dan kayu pada bagian lantainya dan beberapa bagian berlubang. Kalau lewat ngeti ngeri sedap!

2. Jembatan Way Asahan

Jembatan kedua merupakan jembatan yang berfungsi sebagai saluran air atau dikenal dengan talang. Terkoneksi dengan saluran irigasi jembatan ini membuat air bisa mengalir di atas sungai. Satu satunya talang yang melintas di Way Asahan. Buat foto foto juga oleh pemuda dan pemudi narsis yang mengambil view Gunung Rajabasa.

View Gunung Rajabasa dengan hamparan padi menjadi lokasi untuk merefreshing otak karena liburan tak harus mahal. Tak harus ke pantai dan tempat yang mahal. Berada jauh di pedesaan Dusun Banyuurip Desa Kuripan sehingga tetap terjaga keasliannya sejak dibangun pada tahun 1979.

Berikut penampakannya:

henk-widi-1henk-widi-6henk-widi-2

Tertarik selfie selfie di sini? Keduanya tak jauh kok berada di Desa Sukabaru dan Desa Kuripan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan
Categories: Kisah Kisahku | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Jembatan Keren di Penengahan

  1. kenapa warnya merah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: