Batu Alif Nan Menawan

Batu Alif Blog 10 copyPetualangan dan menyegarkan pikiran. Kata kawanku bloger lain, “perjalanan dan petualangan adalah obat sakit hati paling mujarab” dan itu telah terbukti. Move on dan melepas penat dari beberapa persolan kehidupan (soal move on ini diketawain kawanku deh ha ha) dan yang terpenting mensyukuri banyaknya berkah dan karunia yang Tuhan berikan melalui alam yang indah dan penuh dengan keanekaragaman. Jika ingin menikmati suasana pesisir pantai berbalut keindahan pegunungan, bentang alam yang mempesona maka salah satu tempat yang sangat kurekomendasikan adalah Desa Kelawi. Beberapa bahasan mengenai Desa Kelawi dengan potensi wisata bahari dan petualangan seakan tak pernah habis untuk ditulis dan goalnya adalah menyusuri setiap pantai, lembah, perbukitan dan menyelam di beberapa lokasi di tempat tersebut.Batu Alif Blog 11 copy

Salah satu lokasi yang saat ini sedang kukunjungi adalah spot Batu Alif. Tulisan mengenai batu alif yang kubuat bahkan beberapa “dibajak” oleh orang orang yang tak pernah mengunjugi lokasi tersebut (he he) pembajakan yang menjadi SEO bagi penulisnya. Namun saat ditanya sudah pernah ke lokasi tersebut belum, malah jawabnya dapat dari kawannya semua data dan foto, ngakak deh!

Beberapa pengalaman berada di lokasi ini sudah kutulis sebelumnya di sini:

https://hendricuswidiantoro.wordpress.com/2014/04/19/explore-it-find-it-care-it-lampung-selatan-negeri-para-penjelajah/

Mengunjungi lokasi ini sebetulnya sudah kulakukan sejak zaman masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) saat diajak oleh kakak sepupu. Lalu saat masa masa Sekolah Menengah Atas (SMA) bersama kawan kawan dari pringsewu kami selalu mengadakan camping di area dekat muara Sungai Minang ruah dan dekat Goa lalai. Lokasi yang sanagt cocok bagi pecinta alam, pecinta petualangan tentunya dengan tetap menghargai dan menghormati kearifan lokal setempat.

Spot yang wajib dikunjungi diantaranya Goa lalai diantara tebing tebing karang, air terjun Minangruah, Pantai Batu Alif lokasi memancing yang sangat mengasikkan dan tempat menyelam yang keren. Perlu perjuangan untuk menuju lokasinya bisa lewat darat bagi penghobi motor trail atau menggunakan perahu nelayan. Dusun Minangruah juga kerap digunakan sebagai lokasi untuk menuju Pulau Mengkudu yang sedang heboh.

Mencapai lokasi ini pun cukup mudah karena dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. Dari lokasi start SPBU Garuda Hitam bisa ditempuh menyusuri jalan jalan Desa Kelawi bertemu dengan masjdi hijau ke arah Desa Kelawi. Butuh waktu sekitar 30 menit atau lebih cepat untuk ke lokasi. Izin dengan penjaga serta menjaga kearifan lokal (salah satunya membayar karcis masuk untuk parkir) sebesar Rp5ribu maka beberapa aktifitas petualangan bisa dilakukan. Kalau mau mancing silakan nego dengan nelayan setempat dengan kisaran Rp25ribu sampai ke lokasi batu alif.Batu Alif 12 copyBatu Alif Blog 8 copy

Batu alif sebetulnya sebuah batu yang menjulang tinggi di tepi pantai. Batu tersebut gagah berdiri menaungi para penghobi memancing di tempat itu. Sebelahnya merupakan sebuah ceruk yang bisa digunakan sebagai lokasi berteduh. Selain itu kalau mau menyelam bisa juga kok  mencari lokasi di sekitar batu alif. Batu Alif bahkan sudah menjadi ikon bagi Desa Kelawi Kecamatan Bakauheni Lampung Selatan. Bagi pecinta kuliner ikan pun masih bisa menikmati ikan segar dengan membeli ikan dari nelayan setempat yang mengelola jaring ikan jenis set net sekaligus ikut melakukan proses penangkapan ikan.

Tak usah berlama lama lokasi ini merupakan lokasi favorit penghobi petualangan. Beberapa jepretan yang kubadikan berikut ini:

 

 

Iklan
Categories: Adventure, Adventure and Treking, Kisah Kisahku | Tag: , , , , , , , , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Batu Alif Nan Menawan

  1. Yaditando

    Mantap om..buat panjat tebing bagus ga om tebing nya..? Saya yaditando@gmail.com

    • Kalau mau panjat tebing lokasi yang bagus di tempat selanjutnya yg bru saya kunjungi,lokasi tebingnya cocok untuk pecinta wall climbing krna itu juga hobi saya mas,tepatnya di Pantai Teluk Nipah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: