Kelezatan Mie Aceh dan Bolu Kemojo di Pekanbaru

Mie Aceh 9

Pekanbaru kota Madani

Perjalanan ke sebuah wilayah baru merupakan sebuah kesempatan untuk berburu kuliner. Mengingat ingat perjalanan yang pernah kulakukan salah satunya di wilayah Pekanbaru Provinsi Riau. Kota Pekanbaru yang indah saat malam hari, penataan kota yang sangat rapi dan tentunya keramahtamahan penduduk Pekanbaru merupakan sebuah sambutan akan Indonesia yang sebenarnya. Dinamika kehidupan yang sangat beragam dengan banyaknya suku suku yang ada di Pekanbaru merupakan gambaran Indonesia. Namun bukan ini yang akan kubahas karena perjalanan Indonesia mengajarkan keberagaman sebagai modal persatuan.

Salah satu modal persatuan yang menjadi kekayaan Indonesia salah satunya adalah kelezatan kulinernya. Beruntung salah satu kenalan asal Aceh mengajakku menikmati sajian yang sangat tepat disantap pada malam hari yakni Mie Aceh. Kota Pekanbaru menjadi begitu hangat dengan banyaknya kedai kopi, kedai mie Aceh yang terkenal itu salah satunya di kawasan Jalan Arifin Ahmad kota Pekanbaru.

Mie Aceh 5

Mie Aceh

Sama dengan mie jenis lainnya, mie merupakan sajian kuliner yang menarik untuk lidah. Mie Aceh Asli yang merupakan makanan khas dari daerah Aceh dari Kepulauan Sumatera. Dari namanya sudah terdengar sedikit asing jika anda bukan orang asli Aceh terlebih jika belum pernah menjumpai atau mendengar nama Mie Aceh.

Menurut sang pembuat, mie Aceh memang sudah terkenal dan aku mencoba mencari tau sebetulnya apa keistmewaan mie tersebut. Resep Mie Aceh itu sangat mudah, sama halnya seperti mie ayam namun kalau mie aceh rasanya lebih terasa beda dari mie mie lainnya karena aroma dan rasanya benar-benar istimewa hampir seperti kari tapi tidak berkuah.

Henk Widi_PKU 30

Menunggu Mie Aceh

Jika di Korea terkenal dengan mie bulgogi yang unik dan enak, di Indonesia juga ada Mie Aceh yang tidak kalah nikmatnya dengan isi daging sapi, udang serta sayuran yang tidak kalah lezat dari negeri drama romansa tersebut. Anda yang belum pernah mencoba merasakan kenikmatan dari Mie Aceh, sekarang di daerah perkotaan sudah banyak restoran atau rumah makan yang menyajikan menu makanan Mie Aceh.

Bahan untuk Resep Mie Aceh Asli sangat mudah didapat karena di warung, super market atau dipasar pasti ada. Cara membuat Mie Aceh juga mudah dan tidak ribet. Rasa dijamin membuat ketagihan apalagi kalau anda pecinta mie.

Kandungan gizi di dalam Mie Aceh juga banyak karena Mie Aceh terdapat karbohidrat. Mie Aceh paling enak disantap ketika masih panas. Bagi anda yang sering mengadakan acara besar dirumah seperti arisan, selamatan, reunian, anda dapat menjadikan Resep Mie Aceh Asli ini menjadi salah satu resep andalan, karena menu Mie Aceh belum pasaran sehingga jika anda dapat membuatnya dan hasilnya enak pasti anda akan merasa bangga sendiri.

Bahan Mie Aceh dan bagaimana membuatnya agar menghasilkan rasa yang enak, si pembuat memberikan resep yang mudah dibuat. Berikut ini adalah Resep Mie Aceh Asli untuk para wanita dan pria yang hobi berkreasi masakan di rumah. Mari simak resep yang satu ini.

Bahan dan Bumbu Mie Aceh Asli:

400 gram mie kuning basah
300 gram daging sapi, dipotong dadu kecil-kecil
150 gram udang, dikupas
150 gram kol, dibuang tengahnya, diiris tipis
60 gram taoge
6 buah bawang merah, diiris tipis
750 ml kaldu sapi
2 buah tomat merah, diiris dadu
2 buah bawang putih, diiris tipis
2 sendok makan seledri, dicincang halus
1 batang bawang daun, diiris halus
2 sendok teh garam
2 sendok makan kecap manis
3 sendok makan minyak goreng untuk tumis
Bumbu Halus Mie Aceh Asli:

8 buah bawang merah
4 buah cabai merah, dibuang bijinya
3 buah bawang putih
3 cm kunyit, dibakar
2 sendok makan kari bubuk
1 sendok teh merica butiran
Cara Membuat Mie Aceh Asli:

Pertama-tama panaskanlah minyak goreng, lalu tumis bawang merah, bawang putih, dan juga bumbu halus sampai harum.

Lalu tambahkan kaldu dan daging, biarkan mendidih diatas api kecil sampai daging empuk.

Sekarang masukkanlah udang,tomat,seledri,daun bawang dan juga garam. biarkan sampai udang matang dan berubah warna.

Kemudian tambahkan sayuran seperti; kol,taoge,kecap manis dan juga mie.
Terakhir; cicipi rasanya (Jika kurang tambahkan sendiri sesuai selera),Aduk-aduk rata lagi sebentar. selesai dan siap disantap.

Tapi karena ga bisa aku terpaksa makan yang sudah jadi saja he he

Hidangkan di dalam mangkuk saji, santap selagi hangat.

Bolu Kemojo

Bolu Kemojo Luky Khas Melayu Riau yang masih terasa di lidah. Makanan lain yang kucoba diantaranya bolu. Apa sih istimewanya bolu? ini bolu Kemojo yang dikenal enak sebagai makanan khas Pekanbaru. Salah satu pembuatnya adalah ibu Luky yang berada di Jalan Borobudur No.5 Pekanbaru Riau.

Mie Aceh 11

Bolu Kemojo

Menurut wanita yang sudah sejak tahun 2002 menekuni usaha bolu kemojo ini. Bolu Kemojo merupakan salah satu warisan kuliner khas dari Indonesia yang sampai saat ini masih tetap terjaga. Kue bolu kemojo merupakan makanan dalam bentuk kue yang berasal dari daerah Pekanbaru Riau. Makanan ini tentu saja sudah menjadi ciri khasnya dikota pekanbaru tersebut.

Ia mengaku kalau sudah berkunjung ke Pekanbaru belum lengkap kalau belum mencicipi bolu ini. Ada baiknya sempatkan sejenak waktu untuk mencoba resep kue yang sudah populer ini. Rasanya tidak akan lengkap ketika berkunjung kedaerah Riau namun anda tidak mencicipi jajanan kuliner khas dari kota tersebut. Makanan ini terbuat dari campuran bahan telur, tepung, santan dan juga bahan yang lainnya.

Mie Aceh 10

Bolu Kemojo Khas Melayu Riau

Kue bolu kemojo ini sangat cocok disajikan sebagai menu buaka puasa anda dan keluarga atau bisa juga disajikan ketika ada acara hajatan misalnya juga acara-acara besar yang lainnya. Untuk kualitas rasanya kue bolu kemojo ini sudah tidak bisa diragukan lagi karena rasanya yang enak sehingga dapat membuat semua orang menjadi ketagihan. Bagi anda yang tertarik untuk mencoba membuatnya, anda dapat simak resep bolu kemojo enak yang satu ini.

Cara pembuatannya pun sama seperti pembuatan kue bolu lainnya, berikut resep yang diperoleh dari wanita Melayu tersebut:

Bahan :

300 gr margarine ( dilelehkan )
350 gr tepung terigu
gula pasir 300 gr
1 sendok teh vanili bubuk
8 butir telur ayam
600 ml santan kelapa
50 ml air perasa daun suji
1/2 sendok teh garam halus

Cara Membuat Bolu Kemojo :

Campurkan telur dengan gula pasir kemudian dikocok sampai tercampur rata dan mengembang. Masukkan tepung terigu, vanili bubuk dan garam sambil diaduk rata. Tuang santan kelapa sedikit demi sedikit kemudian tuang margarine yang sudah dilelehkan kedalamnya Aduk hingga semuanya tercampur rata. Panaskan cetakan kue bolu kemojo kemudian tuang adonan kedalamnya
Panggang dalam oven selama 40-45 menit atau sampai matang. Kue bolu kemojo Riau siap untuk dinikmati ketika buka puasa.

Dengan memiliki citarasa yang khas dan unik, Resep Kue Bolu Kemojo Khas Riau banyak dibuat oleh hampir semua orang di Indonesia karena bolu kemojo ini memang sudah terkenal dimana-mana.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan
Categories: Adventure, Backpackeran, Kisah Kisahku, Kuliner | Tag: , , , , , , , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Kelezatan Mie Aceh dan Bolu Kemojo di Pekanbaru

  1. gLoriaWs

    penasaran sma bolu kemojo nya😊😊😊😊

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: