Ngapain Sih Kita Kudu Membaca, Ini 7 Alasannya

Masih banyak orang mungkin memandang membaca hanya untuk kebutuhan studi atau untuk anak anak yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Padahal membaca merupakan hal menarik dan tetap masih bisa dilakukan. Nah Dr. Alex Iñiguez asal Valencia Area, Spanyol ini membagikan 7 alasan kenapa mesti membaca dan menulis tentunya. Tulisan ini merupakan terjemahan dari tulisan aslinya yang berjudul : Why We Read ( 7 Reasons, Reserved for Readers and Writers). Berikut mengapa Dr Alex Iniguez memberikan pengalaman pribdainya dan bisa memberikan gambaran 7 alasan kenapa kita harus membaca:

images (3)

Ilustrai Membaca : duniaperpustakaan.com

Saya sudah membaca beberapa artikel yang membahas tentang mengapa kita menulis: inspirasi kita, kemauan kita, motivasi kita, mimpi mimpi kita dan lain sebagainya. Saya juga pernah menulis beberapa pikiran mengenai hal tersebut dalam beberapa  posting saya sebelumnya.

Bagaimanapun juga tidaklah mudah untuk mengerti alasan  mengapa membaca. Kemungkinan paling tepat karena beberapa penulis adalah pembaca yang yang baik, dan kemungkinan lagi membaca akhirnya menyukai menulis kemudian hari. Apakah anda setuju? Atau anda termasuk dalam kelompok orang orang berikut ini? Atau Anda adalah penyempurnaan dari dua hal tersebut yakni perpaduan penulis sekaligus pembaca?

Bagimanapun juga saya tak tahu kenapa Anda membaca. Saya hanya bisa mengatakan kenapa saya membaca. Dan berikut alasan kenapa saya membaca:

  1. Saya selalu melihat Ayah Membaca

Sejauh yang saya ingat, ibuku dan ayahku adalah para pembaca yang hebat. Rumah kami bahkan dipenuhi dengan beberapa buku, dan kakak laki lakiku selanjutnya pun menjadi pembaca yang baik lebih awal. Jadi, berada dalam lingkungan banyak pembaca , saya memulai membaca diantara mereka.

Pada awalnya saya mencoba membaca Komik, karena saya menyukai perpaduan antara gambar dan tulisan, tapi kemudian saya mulai memasuki keajaiban membaca buku buku klasik yang di dalamnya tak disertai gambar dan hidupku berubah selamanya.

  1. Saya Ingin Menjadi Pelajar Yang Baik

Kakakku adalah pembaca tercepat yang pernah kujumpai. Dia bisa membaca, memahami, dan mengingat, dan menuliskan hal hal tersebut dan merekamnya. Dia sangat menakjubkan!

Dia juga cukup cemerlang di sekolah, dan dia terlihat tanpa menemui kesulitan. Kemudian saya beralasan hal tersebut cukup mudah baginya karena kebiasaannya membaca: dia juga bisa memahami penjelasan guru gurunya dengan lebih mendalam dibanding rata rata; dia bisa mengingat konsep konsep kunci selama di dalam kelas tanpa menemukan masalah; dan seperti yang dia sukai, seperti yang dia sukai jug, dia menulis.

Saya selalu di belakangnya dalam hal usia (satu tahun terpaut  lebih muda) dan juga di sekolah…tapi sekarang diriku terus terang mengatakan bahwa dia adalah Motivasi terbesarku untuk belajar , mempelejari dan membaca. Terimakasih Tete!

  1. Saya menguji kemampuan bahasa selama membaca

Setiap saat saya membaca beberapa hal yang saya pakai untuk mempelajari beberapa kata kata baru dan memperkaya
perbendaharaan kataku. Secara khusus ketika saya membaca bahasa bahasa asing, seperti Inggris, hal itu membantuku
meningkatkan kemampuan saya dalam berbahasa: Kosakata, Susunan Kalimat dan lain sebagainya.

Secara terus menerus saya mengembangkan kemampuan saya dalam berkomunikasi: menulis dan komunikasi dengan berbicara. Saya maksudkan bahwa kosakata lebih baik yang saya miliki selanjutnya membuat saya lebih baik dalam menulis dan berbicara. Karena saya memiliki banyak sumber kosakata dari berbagai macam sumber, kemudian saya bisa secara pelan pelan menemukan kata yang tepat di saat yang tepat (dan aku akui mohon maaf karena bukan karena inilah kemudian saya menuliskannya dalam bahasa Inggris).

Semua hal yang saya baca sebelumnya selama lebih kurang 40 tahun membantu saya banyak ketika saya mencoba berbicara di depan audiens, lebih baik ketik saya harus menulis beberapa jenis artikel. Hal itu membantu saya dalam hal kosakata dan gaya. Semua latar belakang tersebut membuat saya kini berbeda.

  1. Ketika saya membaca saya menajamkan kraetifitas dan Imajinasi

Kita semua mengetahui beberapa contoh film berdasarkan kisah di buku, benar? secaar umum yang mana yang lebih anda sukai? Saya lebih menyukai buku buku. Pastinya membaca bukunya sebelum menonton filmnya. Cara ini bisa membuat saya bisa membayangkan dengan cara saya sendiri bagaimana karakter tersebut terlihat, dan saya tak terkondisikan melihat Kirk Douglas” atau wajah Peter O’Toole’s kemjudian saya berpikir tentang Spartacus or Lawrence of Arabia.

Ketika saya membaca sebuah novel saya bebas membayangkan  banyak detail dan banyak sudut pandang. Hal tersebut berarti bahwa saya bisa membayangkan situasi yang sama dari beberapa sisi yang berbeda layaknya seorang sutradara melakukan pembuatan film yang memakai lebih dari satu kamera. Jadi, bagiku ketika saya memilki sebuah buku di tangan saya saya merasakan bahwa saya adalah sutradara untuk film saya, dan saya memiliki kekuatan untuk memeilih hal hal kecil berdasarkan kisahnya.

Saya harap Anda memahami analogi ini, dan kenapa saya percaya bahwa membaca bisa membantu meningkatkan kreatifitas dan imajiansi.

  1. Saya belajar banyak hal selama membaca

Saya tak hanya membaca beberapa novel dan kmoik. Ketika saya membaca beberapa bahan tulisan non fiksi secara langsung pengetahuan saya bertambah dengan sendirinya. Sebagai contoh, selama lebih 27 tahun saya membaca tulisan tulisan medis, karena tukang obat adalah profesi yang berubah setiap hari dan butuh untuk mengupdate setiap penyakit baru dan cara penyembuhannya. pelan pelan, membaca hal kecil setiap hari, Anda akan mendapatkan latar belakang pengetahuan yang mengesankan.

Dan contoh ini bisa diterapkan dalam seluruh hal yang bisa  Anda baca: Tekhnologi, ekonomi, seni, hukum dan lain
sebagainya.

Disamping beberapa buku fiksi, seperti novel sejarah, Anda juga bisa belajar banyak data terkait orang, kejadian,
kebiasaan, dan kepercayaan religius dari sekelompok penduduk dalam waktu waktu tertentu. Dalam hal ini, saya percaya bahwa Anda bisa belajar banyak hal dari beberapa buku yang anda baca.

  1. Saya bisa melupakan Kekuatiran Harian Selam Membaca

Kita semua membutuhkan saat saat pribadi untuk menenangkan diri dari aktivitas harian, kesibukan harian dan beberapa
jalan untuk mendapatkannya. Jika kita tinggal di rumah, silakan hal sederhana ini jadi pilihan: menonton televisi atau membaca. Jika menonton televisi di saluran berita maka sama halnya dengan membaca sebuah suratkabar. Saya tak
terhubung dengan “dunia nyata”. Akan tetapi jika saya memilih untuk membaca Novel atau menonton film , sepertinya saya akan mengubah mental saya dengan mudah. Jadi mana yang lebih baik? Buku atau Film.

Sejujurnya saya tidak tahu. Saya sama sama suka membaca dan menonton. Tapi saya percaya bahwa membaca membuatmu membutuhkan usaha lebih keras untuk membayangkan dan mengkreasikan situasi, seperti saya tulis di #4 , dan saya percaya bahwa menonton sebuah film otak anda bekerja lebih  kurang. Karena itulah mengapa saya lebih suka membaca karena, dalam kerendahan hati pendapat ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, hal ini bekerja lebih baik untuk lebih santai dan membuang semua kekuatiran saya.

  1. Saya Ingin Anak Anak Bertumbuh dengan Membaca

Seperti saya bertumbuh dilingkungan yang penuh dengan buku dan para pembaca, saya ingin menjadi cermin untuk anak anak saya menjadi pembaca yang baik kelak kemudian hari. Saya percaya bahwa perpustakaan yang baik dan kebiasan yang baik membaca adalah salah satu warisan yang bisa saya tinggalkan untuk puteri puteriku.

images (4)

Ilustrasi membaca ; gemintang.com

Tak hanya buku buku, tak cukup jika tidak melihat orangtua mereka membaca, jadi saya mencoba untuk membaca buku di depan mereka, dan membaca buku bersama mereka dengan baik. Hal ini cukup mudah kok, murah dan cara menyenangkan untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan anak anak untuk sekaligus memberi contoh bagi mereka dalam waktu bersamaan. Dan saya menyukai dua hal tersebut. Jadi, itulah alasan , kenapa saya membaca!

This article  was originally written by Dr. Alex Iñiguez and published on Linkedin in 2014:
Tulisan ini diterjemahkan dari tulisan berbahasa Inggris :
Dr. Alex Iñiguez 
Creative Entrepreneur / P&SR Manager / Consultor /
International Speaker / Inspirational WriterManager at P&B
group

Categories: Isnpirasi, Membaca, Menulis, Terjemahan | Tag: , , , , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Ngapain Sih Kita Kudu Membaca, Ini 7 Alasannya

  1. karena buku adalah jendela dunia, jadi kita harus banyak – banyak membaca buku jika ingin melihat dunia lewat jendela 😀

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

