Gamelan , Meneruskan Musik Tradisional Sejak Dini

Gamelan. Alat musik ini biasanya ditemukan di beberapa daerah di Jawa Tengah, Yogyakarta. Alat musik yang terdiri dari bermacam alat  yang dimainkan secara berkolaborasi tersebut lazimnya dimainkan oleh orang dewasa. Tapi kali ini alat musik ini dimainkan oleh anak anak usia Sekolah Dasar dan berada di Sumatera tepatnya di Lampung Selatan.

1

Belajar Gamelan (Foto: Hendricus Widiantoro)

Berbekal pelajaran teoritis sebelumnya beberapa anak usia Sekolah Dasar ini mulai memukul beberapa alat musik yang merupakan milik Paguyuban Keluarga Yogyakarta di Dusun Sumbersari Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Namun di sini bukanlah sebuah sanggar, kursus musik, melainkan pilihan dari Sekolah Dasar Negeri 1 Pasuruan untuk memberikan ekstrakurikuler gamelan di sekolah dan dipraktekkan pada hari Minggu.

Jika membaca beberapa literatur, gamelan Orkestra adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama.

Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul / menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda. Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok di Indonesia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk ensembel. Di Bali dan Lombok saat ini, dan di Jawa lewat abad ke-18, istilah gong lebih dianggap sinonim dengan gamelan.

2

Belajar Gamelan (Foto: Hendricus Widiantoro)

Nah, gamelan kini hanya bisa ditemui saat saat acara pertunjukan wayang, campur sari maupun wayang. Namun untuk melestarikan Gamelan berkat tangan telaten dari pak Rukun Haryoto, Pak Widodo, serta mbah Kadiuk anak anak usia Sekolah Dasar ini mulai mahir memainkan alat musik gamelan . Memainkan karawitan pun mungkin sudah terasa asing bagi anak anak di zaman sekarang namun sebagai pelestari budaya Pak Rukun dan beberapa kawannya tetap mengajari anak anak usia Sekolah Dasar ini dengan telaten dan sabar.

Sebelum memainkan alat musik gamelan anak anak ini diajari jenis jenis alat musik gamelan diantaranya: Kendang,Rebab, Balungan yang terdiri dari Demung, Saron, Peking. Slenthem, selain itu Bonang, Kenong,Kethuk, Gambang,Gender, Siter, Kempul,Suling, Gong, masing masing dengan fungsinya.

7

Belajar Gamelan (Foto: Hendricus Widiantoro)

Tampak not not angka yang menjadi bahan latihan anak anak tersebut. Meskipun masih usia dini namun berkat ketelatenan pak Rukun Haryoto yang asal Yogyakarta itu terlihat keceriaan anak anak usia Sekolah Dasar yang memang mulai menyukai alat musik gamelan.

Belajar alat musik tradisional, tak melupakan jati diri sebagai generasi penerus meski di zaman modern yang penuh dengan alat musik modern dan era digital membuat anak anak kecil lebih familiar dengan alat musik modern. Namun, gamelan tak akan lekang dimakan waktu dan akan terus bergaung apalagi generasi muda mulai belajar memainkannnya. Semoga dengan kepedulian orangtua yang masih ingin musik tradisional masih terus lestari maka kesempatan anak anak untuk bermain, belajar gamelan didukung dengan sepenuh hati.

Berikut saat anak anak usia Sekolah Dasar tersebut berlatih gamelan:

51034

Iklan
Categories: Gamelan, JAwa Tengaj, Musik Tradisional, Yogyakarta | Tag: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: