Nikmatnya Kuliner Jambi Yang Menggoda Ini

Siang panas gini enaknya menikmati kuliner yang menggugah selera. Sambal plus sayur asam yang dimakan dengan cara tradisional dan tentunya dinikmati dipinggir pantai yang aduhai menggoda. Nah siang ini main main ke “rumahnya’ mas Lukman Tanjung yang ada di Jambi meski rumahnya di dunia maya tapi aku disuguhi tepatnya diajak “makan” kuliner khas Jambi yang pastinya menggugah selera.

10676127_10203506983571213_8836651433991987647_n

Kuliner Menggoda ala Jambi (Foto: Lukman Tanjung/https://www.facebook.com/mrlukmantanjung)

Berbagai jenis pastinya. Jadi ingat masa masa di palembang waktu masih menuntut ilmu di Jalan Bangau 60. Kuliner berbahan dasar ikan pasti akan menjadi menu andalan seperti pindang patin ataupun mpek mpek yang berbahan dasar ikan sungai sungai di Palembang. Dan agaknya makanan ala Jambi pun banyak berbahan dasar ikan.

10409018_10203506981171153_2874775277387423792_n

Kuliner Menggoda ala Jambi (Foto: Lukman Tanjung/https://www.facebook.com/mrlukmantanjung)

Nah kata  mas Lukman Tanjung kalau ke Jambi aku mau diajaknya makan di Rumah Makan ini. Nama Rumah Makan nya Nyai Ayu. Recomended banget kayaknya. Dari penampilannya aja ciamik dan “ayu” benget masakan masakan ini apalagi kalau langsung dicicipi: lemak Niannn! Pastinya tepat dimakan saat lapar..Jadi kalau mas Lukman lama di negeri Kincir Angin dengan udaranya yang kadang minus makan makanan dengan kepedasan yang tinggi (tanpa mengingat harga cabai yang merangkak naik) pastinya akan membuat berkeringat saat siang makan di gubuk di atas kolam.

Belum makan pun aku sudah dikasih bocoran sama mas Lukman Tanjung. “Yang pasti sambalnya ada beberapa macam, ada sambal asam jawa, sambal tomat. sambal tempoyak” kata mas Lukman Tanjung. Selain itu keistimewaan kuliner yang membuat lidah bergoyang ini dijelaskan sama mas Lukman Tanjung sambil membuatku menelan ludah. “Kemecer” bahasa Jawanya.

Terus specialtynya ada tempoyak (durian fermentasi) yang dipepes sama ikan Patin, dibungkus daun pisang. Terus ada gulai dusun, ayam kampung dimasak denga santan dengan racikan bumbu yg banyak macam khas Jambi. Kayaknya bener benr menggoda nih. Semoga lain kesempetan bisa ngajak mas Lukman Tanjung makan di tempat ini. Ga kebayang deh kalau lihat makanan makanan berkuah yang pastinya Tradisional banget.

Terima kasih mas Lukman Tanjung. Sudah kusempatkan juga mampir di villa nya mas Tanjung yang di Belanda seerta di Jambi di sini: http://lukmantanjung.wordpress.com/

10415551_10203506994931497_5838741199276542691_n

Kuliner Menggoda ala Jambi (Foto: Lukman Tanjung/https://www.facebook.com/mrlukmantanjung)

Iklan
Categories: Adventure and Treking, Backpackeran, Fotografi, Kuliner | Tag: , , , | 9 Komentar

Navigasi pos

9 thoughts on “Nikmatnya Kuliner Jambi Yang Menggoda Ini

  1. Wah “tempoyak” 🙂
    Saya disini serumah dengan teman2 dari Jambi mas, jadinya pernah makan “tempoyak”. Gulai Tempoyak Ikan itu sedeep bener.. 🙂

  2. Reblogged this on lukman tanjung.

  3. Jambi banyak ya wisatanya

    • Setiap daerah banyak kok wisata mba,,,cuma kadar “keindahan” dan mainstream orng skrng kan wisata itu ya ke tmpat yg udah sring diknjungi orang. Yang jor jor an di iklanin dan disebut orang ..standarnya juga mngkin buat setiap orng beda he he

      • Bener bgt hahahha

      • Mba tahu sendiri yang sudah berpengalaman ke destinasi wisata yg sering dikunjungi orang. Namun tetap banyak tempat menarik lainnya yang bahkan tidak pernah mendapat publikasi maupun diketahui dunia luar dan pastinya itu indah bagi yg pernah mengunjunginya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: