Asiknya Memotret Burung Dalam Hobi Birdwatching

Sebenernya aku awalnya tak begitu suka dengan burung. Namun karena keindahan yang ada dari suara serta warna bulu bulunya membuat kegiatan pengamatan burung (birdwatching) mulai kucoba awali. Awalnya memang susah untuk mengambil foto burung apalagi yang beterbangan. Namun semuanya perlu trik dan harus membutuhkan kesabaran untuk hobi yang satu ini. Sebelum lebih jauh apa sih hobi yang satu ini?

Birdwatching merupakan aktivitas pengamatan burung yang dilakukan sekelompok orang untuk tujuan tertentu. Aktivitas birdwatching dilakukan di alam liar, bukan mengamati burung di kandang, di buku, atau di televisi. Apa sih enaknya mengamati burung? apa sih gunanya mengamati burung? banyak orang menanyakan hal itu. Bahkan kalau dipikir memang terkadang malah kegiatan ini seperti kegiatan yang tak menguntungkan.

Burung 6_Widi6

Burung Ciblek (Foto: Hendricus Widiantoro)

Mengamati burung adalah suatu hobi, jadi kalau ditanya apa enaknya mungkin jawaban tiap orang akan berbeda. Bayangkan saja dirimu hobi bermain basket, saat ditanya oleh orang: apa sih enaknya bermain basket? kamu akan menjawab dengan sangat antusias, namun apabila pertanyaan itu ditanyakan kepada orang yang tidak suka bermain basket, jawabannya akan berbeda. Demikian juga pada pengamaytan burung, kalau kamu suka dan hobi mengamati, kamu akan punya seribu alasan untuk menyukainya.

Bertanya tentang tujuan pengamatan burung, apa sih tujuannya? pengamatan burung dapat dilakukan hanya sebagai hobi. Untuk kamu yang suka burung, melihat burung indah di alam liar tentu akan sangat menyenangkan hati. Pengamatan burung juga dapat bertujuan ilmiah, dengan mengamati burung kita dapat mendata keanekaragaman jenis burung di suatu tempat, data-data tersebut dapat digunakan untuk tujuan konservasi burung dan alam secara umum.

Burung 1_ Widi1

Sepasang burung Ciblek (Foto: Hendricus Widiantoro)

Untuk mencari uang juga bisa. Belakangan banyak muncul paket wisata pengamatan burung di berbagai daerah. Wisatawan-wisatawan mancanegara yang hobi pengamatan burung sering datang untuk pengamatan di negara kita, nah bagi pengamat lokal yang sudah ahli dapat bekerja sebagai pemandu pengamatan, hanya dibutuhkan kemampuan berbicara bahasa inggris aktif, dolar-pun dapat diperoleh.

Soal manfaat, banyak sekali manfaat dari pengamatan burung. Bagi diri sendiri, kita jadi lebih memahami keanekaragaman jenis burung di suatu tempat, memahami tingkah lakunya, hal itu dapat menjadi kesenangan dan penghilang stress. Bagi masyarakat umum, data yang kita peroleh (kita tidak hanya mengamati, tapi juga mencatat lho) dapat dijadikan sumber informasi yang berharga bagi masyarakat. Pemerintah memerlukan data tersebut untuk melakukan kebijakan-kebijakan yang menyangkut lingkungan hidup pada umumnya dan burung pada khususnya.

Nah, apalagi yang kalian tunggu, ayo mulai lakukan pengamatan burung, nikmati sensasinya dan rasakan manfaatnya. Apabila kalian belum mengatahui peralatan apa saja yang diperlukan dalam pengamatan burung, dapat membaca artikel berikut tentang Persiapan Pengamatan Burung.

Di Mana Tempat Bagus Untuk Pengamatan Burung

Burung 11_Widi11

Burung Ciblek (Foto: Hendricus Widiantoro)

Kita dapat melakukan pengamatan burung dimanapun, karena dimanapun terdapat burung. Di pepohonan depan rumah, di pinggir jalan, di tempat umum, bahkan di atap gedung-gedung tinggi. Namun, di tempat-tempat itu kita tidak dapat menemukan banyak jenis burung, paling banter hanya bertemu dengan burung-burung umum seperti burung gereja, burung pipit, dan burung wallet. Padahal di Indonesia terdapat sekitar 1598 jenis burung.

Dimanakah kita dapat menemukan dan mengamati mereka semua?

Pergilah ke hutan

Banyak spesies burung dapat dijumpai di hutan, baik itu hutan primer maupun hutan sekunder (untuk yang belum tahu apa itu hutan primer dan sekunder dapar membaca artikel : Perbedaan Hutan Primer dan Hutan Sekunder). Banyak burung beraktifitas tidak jauh dari pohon, mulai dari beristirahat, membangun sarang, mencari makan, dan bercumbu dilakukan di pohon. Jadi untuk dapat menemukan banyak burung carilah tempat yang banyak pohon alias hutan, banyak jenis burung akan kamu temukan disini.

Berhati-hatilah ketika pengamatan di hutan, perhatikan semua tanda yang ada untuk menghindari tersesat. Akan lebih aman kalau kamu pengamatan di sepanjang jalan setapak (kalau ada) di dalam hutan sehingga dapat kembali dengan mudah.

Burung 17_Widi17

Burung Ciblek

Pergilah ke rawa/danau

Rawa/danau merupakan habitat burung-burung air. Namun tempat yang kita tuju adalah tempat yang masih alami sehingga banyak burung beraktifitas di rawa/danau tersebut. Burung-burung air akan mencari makan dan membangun sarang di sekitarnya.

Burung-burung yang umum ditemukan adalah dari jenis-jenis kuntul, belibis, bangau, bambangan, mandar, dan burung air lainnya. Pengamatan burung air mudah dilakukan karena burung-burung tersebut berukuran besar dan tidak mudah terganggu oleh kehadiran manusia.

Burung15_Widi15

Pergilah ke pantai

Pantai yang di maksud bukanlah pantai yang biasa dijadikan tempat wisata, namun adalah pantai yang masih banyak ditumbuhi jenis-jenis bakau. Di tempat ini jenis-jenis kuntul, cangak dan burung laut seperti dara laut dan trinil-trinilan dapat ditemui.

Jenis-jenis kuntul dan cangak banyak beaktifitas di sekitar pohon bakau. Sedangkan burung-burung laut akan nampak mencari makan di sepanjang garis pantai di pasir dan lumpur untuk menemukan hewan kecil.

Tambak-tambak di sekitar pantai juga sering dijumpai burung, walaupun jenisnya tidak terlalu beragam.

Apabila kamu ingin mengamati banyak jenis burung, pergilah ke tempat-tempat tersebut.
Carilah di daerahmu masing-masing, adakah hutan? Atau rawa? Atau pantai yang masih alami? Pergilah ke tempat itu dan lakukanlah pengamatan.

Burung 3_Widi 3

Bersembunyi (Foto: Hendricus Widiantoro)

Asik bukan? Jika ingin mengetahuinya tak salah untuk mencobanya. Hal hal mengenai pengamatan burung selengkapnya bisa dibaca di sini sekaligus sumber ilmu soal Birdwatching:
http://pendidikan-bio.blogspot.com/2014/09/dimana-kita-melakukan-pengamatan-burung.html

Iklan
Categories: Adventure and Treking, Backpackeran, Fotografi, Kisahku | Tag: , , , , | 14 Komentar

Navigasi pos

14 thoughts on “Asiknya Memotret Burung Dalam Hobi Birdwatching

  1. aku paling suka tp kameraku susah nangkap dari jauh harus dekat

  2. Ping-balik: Burung Sahabat Cantik Dalam Fotografi | Hendricus Widiantoro

  3. pasti butuh kesabaran banget tuh nungguin angek yang pas buat foto..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: