8 Hal Hal Penting Bikin Anak Tetap Senang Saat Traveling

Hari ini dikenal sebagai hari Ayah “Father Day”. Menyenangkan pastinya bagi yang memiliki keluarga utuh yang memiliki ibu, ayah serta anak anak. Bersama sang ibu bisa dirayakan hari ayah tersebut dengan banyak cara, memasak, melakukan perjalanan maupun berlibur untuk merayakan hari ayah . Namun bagiku yang singelparents hal tersebut tak mengurangi saat untuk membahagiakan puteriku. Perjalanan bersama puteriku ke tempat tempat baru tetap masih bisa dilakukan untuk bisa menikmati keindahan alam, pantai dan berbagai tempat menyenangkan lainnya.

4

Perjalanan di Pantai Kalianda Lampung Selatan (Foto: Hendricus Widiantoro)

Melakukan liburan atau perjalanan dengan putera puteri kita tentunya akan menjadi saaat yang menyenangkan dan membahagiakan. Namun mengajak putera puteri kita melakukan perjalanan jauh tentunya memiliki tantangan. Menerjemahkan secara bebas tips tips perjalanan dari Michelle Bucher, penulis perjalanan di http://www.travelpulse.com saya menemukan beberapa tips yang layak diterapkan dalam perjalanan yang mengajak putera puteri kita.

Banyak keluarga melakukan perjalanan bersama putera puteri mereka sesekali dalam setahun untuk liburan melepas kepenatan atau saat liburan sekolah. Hal tersebut kadang kadang menantang para orangtua untuk menjaga putera puteri yang diajak tetap terhibur dan bahagia sepanjang perjalanan yang terkadang memakan jarak cukup jauh. Menyitir penulis, penulis mengingat pernah merasakan kebosanan yang sangat dan hal tersebut membuat berpikir hal tersebut sesuatu yang menggelikan.

Zrami 48

Curug Cilember Bogor Jawa Barat (Foto: Hendricus Widiantoro)

Nah berikut beberapa tips jitu yang bisa diterapkan para ayah untuk membantu putera puteri tetap merasa nyaman, bahagia, terhibur selama perjalanan:

1.Libatkan Anak Ikut Merencanakan Perjalanan

Upayakan putera puteri kita ikut terlibat dalam merencanakan perjalanan yang akan dilakukan. Jika mereka dilibatkan dalam bagian perjalanan tersebut mereka akan lebih tahu perjalanan yang akan dilalui, mereka akan lebih tahu serta memahami berapa lamanya waktu perjalanan yang akan ditempuh dari satu spot ke spot lain dan mereka akan tahu berapa jauh traveling yang akan dilakukan.

2. Siapkan Catatan Perjalanan

Mintalah kepada putera puteri kita untuk membuat catatan tentang perjalanan tersebut. Cara ini tak hanya membuat peninggalan sesuatu untuk dikenang di masa mendatang, tapi catatan harian perjalanan ini juga memberikan mereka beberapa hal untuk dikerjakan selama perjalanan. Akan menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi anak anak jika kita menyertakan juga Kamera selama perjalanan tersebut. Usahakan mereka bisa mengabadikan foto foto perjalanan yang menarik selama perjalanan tersebut untuk menghiasi catatan perjalanan mereka.

Zrami 31

Curug Cilember Bogor Jawa Barat (Foto : Hendricus Widiantoro)

3. Sesekali Berhentilah

Kadangkala berhenti sementara membuat perjalanan menjadi lebih lama, namun ini merupakan tips bagus untuk setiap orang keluar sejenak dari mobil dan beristirahat. Rencanakan sesekali berhenti selama perjalanan untuk beristirahat dari perjalanan jauh dan menghilangkan kebosanan untuk putera puteri kita. Hal ini juga memberi waktu bagi mereka untuk menuliskan catatan perjalanan dan tetap menjaga mereka tertarik pada traveling yang sedang dijalaninya.

4. Rencanakan Pergi Seharian

Melakukan perjalanan jauh bisa memerlukan waktu lama. Ini cukup penting termasuk di dalamnya aktifitas menyenangkan sepanjang perjalanan, tapi juga bisa direncanakan untuk pergi seharian sehingga keluarga masih memiliki waktu cukup untuk relaks dan menikmati perjalanan tersebut. Keluarga penulsi kadang kadang suka membuat rencana seharian di tempat tempat yang dekat dengan pantai, atau spot untuk hiking. Hal ini membuat kita bisa keluar dari kendaraan dan membiarkan kita bisa mengeksplore kegiatan alam bebas.

5. Beri Reward Bagi Anak Untuk Kebiasaan Bagusnya

Hal ini merupakan tips yang sangat penting untuk mengembangkan kebiasaan bersikap baik selama perjalanan. Berikan kejutan kejutan kecil bagi putera puteri kita hadiah selama perjalanan berlangsung. Hadiah bisa diberikan meski hanya sebuah es krim, Kejutan kecil tersebut bisa saja diberikan ketika mengunjungi sebuah taman seharian.

6. Siapkan Makanan Ringan

Siapkan beberapa makananan ringan di kendaraan bagi putera puteri kita secukupnya sedari awal dari rumah. Hal ini cara terbaik untuk menghemat uang, dengan cara ini maka akan menjaga kita terlalu sering menghabiskan waktu berhenti di tempat tempat seperti restoran cepat saji sepanjang perjalanan. Tapi ini bisa saja berbeda dengan orangtua lain karena biasanya orangtua berhenti di restoran cepat saji untuk membeli makanan cepat saji.

Henk Widi 2

Selat Sunda dari Gunung Rajabasa Lampung Selatan (Foto: Hendricus Widiantoro)

7. Hindari Kemacetan

Hal ini terlihat cukup mudah diucapkan dibanding kenyataannya karena kemacetan tak bisa diprediksi, tapi usahakan untuk melakukan perjalanan sebelum jam jam sibuk. Pikirkan juga apa yang akan dilakukan putera puteri kita saat berhenti dalam sebuah kemacetan dalam beberapa jam tanpa bergerak sama sekali. Secara pribadi saya lebih suka melakukan perjalanan di malam hari di mana sering taka da kemacetan dan anak anak justru malah tertidur sepanjang malam.

8. Jangan Stress

Hal ini merupakan hal terpenting dalam sebuah perjalanan. Perjalanan dimaksudkan untuk membuat petualangan menyenangkan bagi semua anggota keluarga. Anak anak bisa membuang tingkat stress dalam perjalanan tersebut tapi mereka juag bisa menjadikannya modal besar untuk membangun sebuah kenangan indah terkait perjalanan yang dibuat. Buatlah keseluruhan perjalanan dengan anak anak kita menjadi hal yang menyenangkan dan perkecil tingkat stress yang dialami.

Henk Widi 21

Dermaga Boom Kalianda (Foto: Hendricus Widiantoro)

Tulisan ini merupakan terjemahan bebas dari : http://www.travelpulse.com/opinions/blog/8-essentials-to-keeping-kids-happy-while-road-tripping.html

Nah, semoga hari ayah ini bisa digunakan oleh para keluarga untuk merayakan bersama dengan putera puterinya. Melakukan perjalanan perjalanan menarik ataupun melakukan hal hal menyenangkan lainnya.

Selamat hari Ayah !

Iklan
Categories: Adventure and Treking, Backpackeran, Fotografi, Hari Ayah, Kisahku, Perjalanan, Traveling, Trip | Tag: , , , , , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “8 Hal Hal Penting Bikin Anak Tetap Senang Saat Traveling

  1. nice posting, respect 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: