Peristiwa Demi Peristiwa Di Mata Kameraku

Sebuah peristiwa terkadang terjadi secara kebetulan atau karena kesengajaan. Inilah yang terjadi padaku hari ini. Saat akan melakukan kegiatan seperti biasa ke arah Bakauheni. Jalanan yang begitu berdebu plus macet di tanjakan Desa Sukabaru akibat pengerjaan rigid membuat perjalanan ke arah Bakauheni sedikit terhambat.

Guling 1

Truk terguling di depan KSKP Bakauheni saat aku melintas (Foto: Hendricus Widiantoro)

Namun hunting untuk sebuah hal menarik pastinya akan membutuhkan perjuangan. Setidaknya perlu kewaspadaan dan kehati hatian melintas di Jalan Lintas Sumatera karena jalan ini merupakan sebuah jalan terpenting di Sumatera. Ribuan kendaraan berbagai jenis hampir melintasi jalan ini setiap saat.

Berbagai peristiwa kecelakaan akibat kelalaian pengendara serta kelayakan jalan dan kelayakan kendaraan terkadang terjadi di Jalinsum. Bahkan hari ini yang tanpa sengaja melintas di Jalinsum tepatnya di bekas jalan yang amblas beberapa tahun lalu dan beberapa waktu lalu akibat longsor.

Seperti biasa kamera dan pastinya gadget harus selalu siap untuk mengabadikan momen yang kadang harus kuambil. Pastinya dengan kehati hatian karena berbagai faktor. Faktor pertama adalah keselamatanku sendiri. Menepi dan mengambil angle yang tepat adalah keharusan karena Jalinsum merupakan jalan yang cukup ramai pada jam jam tertentu sehingga aku harus berhati hati.

Hari ini peristiwa yang ada di jalan kutemui lagi. Sebuah Truk fuso dengan nomor polisi BE 9728 CD yang bermuatan lempengan alumunium foil terguling di ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) kilometer 60/70 di Dusun Pandegolan, Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, sekitar pukul 08.00 wib, Selasa (21/10/2014).

Truk fuso melaju dari arah Bakauheni dan hendak ke Palembang. Saat memasuki tikungan jalinsum di Dusun Pandegolan, muatan truk bergeser ke arah sisi kiri bak. Hal itu mengakibatkan kendaraan tersebut kehilangan keseimbangan.

“Muatan begeser ke sebelah kiri. Akibatnya truk kehilangan keseimbangan dan terguling,” kata Pri, sopir truk saat aku mencoba menanyai sang sopir. Kadang tak mudah untuk mengorek keterangan akan sebuah peristiwa. Bahkan sebuah hal yang membuat profesi jurnalis sangat rentan.

“Jangan ambil gambar siapa yang minta kamu ambil gambar sana pergi jauh ini kecelakaan bukan untuk konsumsi publik”

Itu pengalaman yang pernah kurasakan saat meliput sebuah peristiwa meskipun aku berada di jarak yang aman pun masih ada pihak yang tak memperbolehkan untuk mengambil gambar. Itulah resiko dan aku harus menghormatinya.

Nah beruntung dalam kejadian hari ini tidak ada korban dalam peristiwa tergulingnya truk tersebut. Namun sampai dengan pukul 11.00 wib truk masih belum dievakuasi dari sisi Jalinsum.

truk

Truk terguling di Penegolan (Foto: Hendricus Widiantoro)

Lepas dari peristiwa tersebut hari ini aku masih melihat evakuasi kapal penumpang Caitlyn yang gagal sandar di Balauheni. Evakuasi yang dramatis itu memang berlangsung lama namun sayang momen tersebut terlewatkan.

Dari keterangan yang kuperoleh peristiwa pagi ini yakni gagal sandarnya KMP Caitlyn akibat mesin mati di bagian sisi kiri, Kapal Motor Penumpang (KMP) Caitlyn milik PT Munic Line mengalami gagal sandar setelah melakukan olah gerak dan manuver.

Aan 3

KM Caitlyn milik PT Munic Line 21 Oktober 2014 saat gagal sandar akibat kerusakan mesin wings (Foto: Hendricus Widiantoro)

Bahkan insiden tersebut sempat membuat kapal tug boat TB Merak yang siaga di dermaga plengsengan  diterjunkan, untuk membantu kapal milik PT Munic Line tersebut sandar di dermaga II Pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 8.30 WIB, Selasa (21/10/2014).

Dari  keterangan beberapa anak buah kapal akibat peristiwa tersebut ratusan penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan KMP Caitlyn dari Pelabuhan Merak yang akan menuju Pelabuhan Bakauheni sempat menyaksikan dan mengabadikan peristiwa tersebut.

Menurut  Kepala Cabang PT Munic Line di Bakauheni Joko Sunaryo insiden tersebut langsung bisa diatasi dan kapal bisa bersandar di dermaga II.

“Setelah dilakukan pengecekan mesin kembali normal dan akan kembali ke Pelabuhan Merak dalam kondisi tanpa penumpang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Joko Sunaryo.

Dihubungi terpisah, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Bakauheni  Captain Yoshua P.S.I Anthonie MM mengaku sudah menerima laporan terkait insiden tersebut. Menurutnya ada sedikit kerusakan di bagian mesin KM Caitlyn.

“Kondisi mesin oke, hanya katup bahan bakar yang ke block dan langsung bisa diperbaiki sebentar. Selanjutnya kapal kembali ke Merak namun tanpa muatan dari pelabuhan Bakauheni” ungkap Captain Yoshua.

Kapal ro-ro yang melayani rute pelayaran Merak-Bakauheni, KMP Caitlyn diproduksi di Jepang tahun 1989 dan bisa mengangkut penumpang sebanyak 500 orang dan kendaraan 60 unit. Selain itu juga dilengkapi peralatan keselamatan sebanyak 600 pelampung dan sekoci.

Caitlyn Widi

KM Caitlyn sesaat setelah mengalami kerusakan mesin 21 Oktober 2014 (Foto: Hendricus Widiantoro)

Berbagai peristiwa yang terjadi di jalan kadang luput dari kameraku namun mau tak mau harus kuambil. Meski demikian dengan etika dan juga kehati hatian untuk mengabadikannya karena tak semua orang memiliki sifat yang sama dan untuk mengambil gambar meski tak harus memakai portofolio namun izain dan juga menghormati hak hak orang lain tetap perlu. Setidaknya kerja jurnalis memang penuh resiko seperti yang pernah kualami diusir, ditolak maupun mendapat hal hal yang tak mengenakkan. Namun semua hal tersebut ada hikmah dan bisa untuk terus belajar.

Beberapa peristiwa yang cukup dramatis yang sempat kuabadikan di mata kameraku diantaranya kejadian berikut ini:

Guling2_MariaFlora

Truk terguling di Jalinsum Desa Pasuruan Penengahan (Foto: Hendricus Widiantoro)

Guling1_MariaFlora

Truk terguling di Jalinsum Desa Pasuruan Penengahan (Foto: Hendricus Widiantoro)

AAA

Bus terbakar di Jalinsum Desa Banjarmasin Kecamatan Penengahan (Foto: Hendricus Widiantoro)

Bahuga Pratama

Bahuga Pratama paska mesin terbakar (Foto:Hendricus Widiantoro)

Bahuga Setelah terbakar

KMP Bahuga Pratama paska terbakar (Foto: Hendricus Widiantoro)

Blong Rem1

Truk terguling di Desa Sukabaru (Foto: Hendricus Widiantoro)

Iklan
Categories: Adventure and Treking, Jurnalistik, Kisah Kisahku | Tag: , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: