Mari Berbuat, Berbagi Kasih Untuk Cilejit

Ini Indonesia. Ini negara kita. Siapapun pemimpinnya namun jika rakyatnya yang berada di pedalaman atau di tempat tak tersentuh kemajuan maka pemerataan tersebut belum ada. Indonesia adalah milik para generasi penerus bukan hanya milik warga negara yang hidup saat ini. Masih ada jutaan penerus bangsa yang membutuhkan pendidikan dan pendidikan bagi sebagian masyarakat kalangan tertentu masih menjadi barang mahal. Namun bagi komunitas ini. Berbuat dengan kasih merupakan sebuah tindakan nyata bagi bangsa.

Saat secara pribadi beberapa komunitas yang peduli pendidikan mulai banyak bermunculan. Sebuah prestasi dan sebuah gambaran bahwa pendidikan menjadi sebuah kebutuhan yang sangat mendesak tak hanya riuh dan hingar bingar politik berebut kekuasaan. Di daerah daerah pun komunitas peduli pendidikan mulai muncul dan dengan jerih payah dan usahanya memajukan pendidikan bangsa. Berikut salah satunya http://www.Indiegogo.com. Saya mencoba menshare ulang tulisan ini semoga semakin bisa membantu pendidikan di Indonesia. Kali ini http://www.indiegogo.com berbuat untuk salah satu daerah di Bogor, https://www.indiegogo.com/projects/beyond-charity-the-call-for-cilejit. Selengkapnya bisa dilihat kiprah mereka di sini:

Siapa sangka, ±65 km dari kota Bogor masih terdapat saudara-saudara kita yang hidup di suatu komunitas yang terisolir dengan populasi warga yang mengenyam pendidikan SMA hanya kurang dari 10 orang, penetrasi internet < 5%, sanitasi terbatas dan sangat tidak memadai, dan banyak warganya yang terjerat hutang pada rentenir.

Dengan populasi ±1500 warga yang terdiri dari ±700 laki-laki dan ±800 perempuan, Dusun Cilejit hanya memiliki satu gedung Sekolah Dasar (SD) dan satu gedung Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang juga dipakai sebagai Madrasah Tsanawiyah (MTS) untuk siswa setingkat SMP sore harinya. Dengan tingkat pendidikan yang sangat rendah, mayoritas mata pencaharian penduduk dusun adalah sebagai petani, buruh dan kuli bangunan.

Ratusan warga termasuk siswa-siswi SD dan SMP kurang akses terhadap informasi mengenai kesehatan dan gaya hidup sehat, kurangnya informasi dan pengetahuna tentang opsi karir dan jenjang pendidikan lanjutan serta kurangnya informasi mengenai instrumen-instrumen finansial sehingga tingkat literasi finansial rendah.

Ini adalah gambaran dari kemiskinan multidimensional dan lintas sektor yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berkaitan, antara lain: tingkat pendapatan, kesehatan, pendidikan, akses terhadap barang dan jasa, lokasi, geografis, gender, dan kondisi lingkungan.

20141008003536-maps

Siapa kami?

Kami adalah 36 putra-putri bangsa penerima Beasiswa Presiden Republik Indonesia Angkatan 1 yang sedang menjalankan Pelatihan Kepemimpinan pada 1-16 Oktober 2014. Selama pelatihan, kami mengembangkan program pemberdayaan masyarakat di Dusun Cilejit, Desa Batok, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor.

20141008101815-IMG_2807

pa yang kami tawarkan dan di mana kami bisa berkontribusi?
Berdasarkan observasi kami di Dusun Cilejit, Desa Batok, Kecamatan Tenjo, kami mengajukan beberapa program sebagai berikut:

Koperasi dan penyuluhan literasi finansial – kami mengidentifikasi kebutuhan akan koperasi simpan pinjam bagi masyarakat saat kami melakukan observasi lapangan pada 5 Oktober 2014. Saat itu, kami sempat berdialog dengan Kepala Sekolah dan 44 orang guru di mana mereka mengutarakan keinginan untuk mendirikan koperasi namun tidak tahu harus mulai dari mana. Di sinilah kamu dan kami bisa membantu. Kami akan membantu mereka menetapkan struktur koperasi guru dan meluncurkan koperasi ini pada tanggal 11 Oktober 2014. Kamu bisa membantu warga Cilejit dengan mendonasikan rupiah yang akan dijadikan seed capital bagi Koperasi Guru Dusun Cilejit. Selain itu kami berencana untuk mengadakan penyuluhan pada warga dusun mengenai inklusi finansial dan cara-cara mudah mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan harapan warga tidak lagi meminjam uang pada rentenir dan mulai membuka rekening bank.
Infrastruktur – dua gedung sekolah di Dusun Cilejit sudah sangat bobrok dan kurang layak digunakan. Anak-anak juga tidak memiliki taman bermain karena jalanan sangat rusak dan berdebu sehingga tidak kondusif untuk tempat bermain anak. Kamu bisa bantu kami membeli paving, pasir, semen dan cat supaya kami dapat melakukan pemugaran di Dusun Cilejit disertai dengan pembersihan parit dan selokan di dusun.
Adapun dua kegiatan lain yang akan kami lakukan sebagai bentuk pelayanan sosial kemasyarakatan sebagai berikut:

Pendidikan – untuk meningkatkan semangat juang siswa-siswi SD dan SMP melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi sekaligus memberikan informasi tentang opsi karir, kami berencana mengadakan Kelas Inspirasi dengan sesi yang diisi oleh para penerima Beasiswa Presiden Republik Indonesia yang terdiri dari profesinal sipil dari berbagai sektor dan unsur TNI.
Kesehatan – sehubungan dengan kesadaran masyarakat yang rendah terhadap sanitasi bersih, kesadaran rendah akan pengolahan sampah dan tidak adanya baseline data mengenai kondisi gizi anak, kami berencana mengadakan Posyandu Sehari serta penyuluhan kesehatan dan gaya hidup bagi bagi siswa SD dan SMP.
Berbagai kegiatan ini akan kami lakukan pada tanggal 11 Oktober 2014 di lapangan bola SDN 01 Batok, Kecamatan Tenjo di mana kami akan mendirikan tiga tenda terpisah untuk melakukan kegiatan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat di atas.

Kontak

Selain penggalangan dana untuk hal-hal di atas, kami turut menerima kontribusi berupa buku, pakaian, makanan atau berbagai bentuk seni kreasi bagi teman-teman yang ingin ikut memberikan kontribusi secara langsung. Bentuk-bentuk lain kontribusi ini dapat dikomunikasikan ke :

Rezqi +6285780924099 / muhammad.rezqi92@gmail.com

Lebih jauh ingin mengenal komunitas ini bisa dilihat di:

https://www.indiegogo.com/projects/beyond-charity-the-call-for-cilejit

Iklan
Categories: Donasi, Inspirasi, Pendidikan | Tag: , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: