Goa Lalay dan Salah Pikirku

GL 3

Di salah satu mulut Goa Lalay Sawarna Lebak Banten

Pikiranku tentang goa lalay ternyata keliru. Dalam perjalanan liburanku ke Pantai Sawarna, lebak Banten ternyata banyak spot yang bisa kukunjungi salah satunya Goa lalay. Hampir nyerempet dengan alay yang identik dengan anak anak gaul juga kata lalai yang artinya ceroboh.  Aku pikir goa lalay identik dengan lalai, ga taunya berasal dari kata “lalay” artinya kelelawar, dasaaaar katroook ! pikirku , meski menempuh jalan yang terjal dengan tetap memakai motor dan melewati jembatan gantung di sungai penghubung antara desa dengan lokasi goa , akhirnya sampai juga di goa lalay.

Goa lalay terdiri dari lima jalur, empat jalur diantaranya yang dibuka untuk umum dengan alasan keamanan satu diantaranya dilarang untuk dilalui karena jalur yang sulit dan berbahaya. Untuk masuk ke tempat ini hanya dikenakan tarif Rp 5.000 (hampir disemua spot wisata Sawarna tarif sama). Namun untuk masuk menurut petugas dikenakan tarif Rp 100 ribu dengan minimal rombongan 10 orang.

GL 1

Jembatan Gantung melintasi sungai menuju Goa Lalay

Ga tanggung tanggung goa ini ternyata masuk ke dalamnya bisa mencapai jarak 1 kilometer bahkan lebih. Berhubung ga bawa persiapan memadai jadilah hanya melihat dari luar he he he . Kata pemandunya ini jalur jalur yang biasa dilalui para penikmat Caving (pastinya dengan dipandu), memakai peralatan standar : helm, lampu senter .

Penjelasan pemandu kepadaku berikut jalur goa lalay: 1. Jalur Goa Lalay yang sebagian besar jalur ini dilalui dengan melintasi sungai bawah tanah dengan langit langit goa yang relatif tinggi dan banyak ditemukannya sarang kelelawar (lalay) dapat menemukan patung yang merupakan stalakmit menyerupai barisan patung keluarga. 2.Jalur Goa Abah Salim, jalur ini didominasi dengan ruang- ruang yang besar dengan banyak percabangan.

GL 4

Salah satu mulut Goa Lalay

Tanah dan batu yang relatif licin membutuhkan kewaspadaan yang tinggi. Pada jalur ini dapat ditemukan fentilasi bila ikut jalur ke arah Selatan. 3.Jalur Goa Kadir, jalur ini memiliki tingkat kesulitan yang menantang dimulai dari pintu masuk harus dilalui dengan merangkak.

Jalurnya relatif kering dengan batuan yang kondisinya masih terjaga. Terdapat sebuah celah vertikal yang menghubungkan goa kadir dan goa lalay. 4. Jalur goa rawis, jalur ini menghubungkan tiga jalur goa lainnya.

GL 5

Pemandu menunjukkan peta jalur Goa Lalay

Jalur ini terkesan lebih ekstrim karena dilalui dengan cara rapeling dari atas bukit pasir tangkil dengan jarak kurang lebih 27 meter. Perlu peralatan lebih untuk melalui jalur ini. Tracking yang menantang…dengan berbagai hal baru yang ditemui..

Next trip…

Iklan
Categories: Kisah Kisahku | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: