Filateli Generasi ke Generasi Bisakah Bertahan?

Hari Gini Hobi Filateli? Jadi kalau mau kubuat judul seperti itu rada plagiat deh ha ha..apa ya kira kira..yang pasti ga usah dijelasin apa sih hobi Filateli itu. Karena selain sudah tau juga pasti masih banyak yang suka meski mulai berkurang.

Kalau googling tentang Filateli hobi ini memang masih selalu menjadi tanda tanya. Tak hanya penghobi namun beberapa menulis: Filateli hobi yang mulai ditinggalkan, Filateli masih ada yang suka ga sih? Hari gini Hobi Filateli? Hobi Koleksi perangko Bekas. Atau mungkin masih ada yang pesimis: Kayak ga ada kerjaan aja koleksi beginian.

Perangko koleksiku asal Rusia yang sangat menarik dan paling menarik diantara koleksi perangko dari berbagai dunia lainnya.

Perangko koleksiku asal Rusia yang sangat menarik dan paling menarik diantara koleksi   perangko dari berbagai dunia lainnya.

Sebuah kata yang kutemukan saat surfing di internet. Berawal dari hari ini saat kubuka kotak penyimpanan perengko perangko dari zaman aku SMP hingga kini berkepala tiga.

“Papa ini apaan sih?” saat puteriku yang berumur 7 tahun tertarik dengan benda kecil mirip mainan yang bergambar.

“Wah ini bagus pa, ada gambar kapal, pesawat, bunga” sambil dibolak baliknya ratusan perangko yang kuletakkan di meja.

Setidaknya puteriku Ezra mulai tertarik dengan ratusan benda benda semacam itu. Ia baca satu demi satu. Indonesia, Nederland, Hongkong, USA, Malaysia….dan beberapa tulisan yang membuat dia semakin bingung, apalagi tulisan bahasa Rusia yang nyaris tanpa huruf vokal.

Perangko satu set yang istimewa ini layaknya sebuah lukisan yang diframe dengan sangat indah

Perangko satu set yang istimewa ini layaknya sebuah lukisan yang diframe dengan sangat indah

Namun setelah kujelaskan benda tersebut namanya PERANGKO yang dipakai untuk mengirim surat. Rasa kuriositasnya muncul bertanya lagi kok banyak amat ini punya siapa.

Menjelaskan ke anak kecil memang kudu penuh sabar. Kutunjukkan gambar gambar di perangko yang secara kebetulan perangko dari negara Nederland atau Belanda cukup unik karena banyak yang bergambar kartun.

“Buat mainan ya pa”
“bukan ini dikoleksi”

Ga mungkin juga dia tahu arti koleksi. Yang pasti hobi yang kutekuni sejak aku duduk di SMP ini sudah diwariskan bapakku. Masa masa SMP belum secanggih sekarang ada gadget sehingga komunikasi via surat, telegram dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kantor pos adalah sesuatu yang mutlak.

Namun kini bisa jadi pengguna surat tulis dan menggunakan perangko bisa saja sebatas hal hal tertentu. Tapi tak membuatku putus asa mendapatkan perangko serta benda benda Filateli lainnya.

Perkenalanku pada puteriku tentang perangko tidak sekaligus namun kulakukan bertahap. Harapan hobi ini bisa diteruskan dari generasi ke generasi.

Beberapa koleksi perangko Rusia

Beberapa koleksi perangko Rusia

Hobi Filateli buatku agaknya bukan karena ingin dijual lagi namun lebih karena suka melihat DUNIA dari benda kecil tersebut.
Kreatifitas dalam pembuatan perangko baik bentuknya, gambar, maupun tahun pembuatan sungguh menarik.

Bahkan perangko yang berangka tahun 1982 tahun kelahiranku justru banyak yang berasal dari RUSIA.

Perangko tersebut seingatku adalah hadiah dari magisterku yang berasal dari University Of Chicago, serta beberapa pemberian lain dari teman.

Aku bilang ke puteriku perangko tak hanya berasal dari Indonesia namun yang papanya koleksi berasal dari beberapa negara di dunia (meski belum secara keseluruhan). Beberapa koleksi perangko yang kumiliki diantaranya dari beberapa negara berikut:

1. Swiss
2. Belgia
3. Ghana
4. Denmark
5. Korea Selatan
6. Texas
7. Mexico
8. Polandia
9.Australia
10. Helvetia
11. Cekoslovakia
12. Pakistan
13. Jepang
14. Rusia
15. New Zealand
16. USA

Koleksi perangko 20 negara yang merupakan hadiah dari seseorang

Koleksi perangko 20 negara yang merupakan hadiah dari seseorang

17. Brasil
18. Turki
19. Filipina
20. Hongkong
21. Malaysia
22. Perancis
23. India
24. Thailand
25. Italia
26. Kanada
27. Spanyol
28. Arab Saudi
29. Singapura
30. Guinea Khatulistiwa..

Beberapa koleksi perangko yang berasal dari berbagai benua di dunia.

Beberapa koleksi perangko yang berasal dari berbagai benua di dunia.

Serta beberapa negara di dunia lainnya dan pastinya perangko dari Indonesia.

Banyak peristiwa, sejarah, serta keunikan perangko yang bisa menjadi pemicu puteriku untuk tertarik pada benda bernama perangko.

Beberapa perrangko lain yang kufoto;

 

Harapanku perangko perangko tersebut akan membuatnya menyukai untuk mengumpulkan perangko perangko lainnya. Meskipun hobi ini mulai ditinggalkan tapi tak ada salahnya memberikan sebuah gambaran hobi ini kepada generasi penerus.

Sumbersari 17 Agustus 2014

Iklan
Categories: Kisah Kisahku | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: