Travel Via Sunda Strait: Apa Saja Kapal di Selat Sunda

Selat Sunda, Perjalanan yang Selalu Mengesankan. Bagi Backpacker sepertiku moda transportasi  kapal ferry  merupakan kendararaan laut  yang sangat murah meriah untuk melakukan perjalanan antar pulau.

Gambar

KMP Panorama Nusantara

Sudah puluhan kali mungkin ratusan kali semenjak aku duduk di Sekolah Dasar hingga kini melintasi Selat Sunda dengan kapal ferry atau sering dikenal beberapa dengan nama Kapal Roll on Roll Off.

Backpacker yang berbudget tinggi mungkin lebih suka naik pesawat ke Sumatera atau Pula Jawa. Tapi melakukan perjalanan dengan kapal laut tak kalah menyenangkan. Jika ingin menikmati dan bukan untuk mengejar waktu.  

Gambar

KMP Portlink III milik PT ASDP

Selat Sunda merupakan penghubung Pulau Jawa dan pulu Sumatera, dua Pelabuhan besar yaitu Merak di Banten dan Bakauheni di Lampung merupakan Pelabuhan tersibuk di Asia Tenggara karena beroperasi selama 24 jam non stop. Sebanyak 44 kapal beroperasi di Selat Sunda lalu lalang menuju Bakauheni dan sebaliknya ke Merak.

Buat yang pobia mabuk laut sebaiknya siapkan obat atau penangkal buat mabok laut sebab cuaca bisa berubah sewaktu waktu. Jika lagi beruntung ombak bisa tenang namun jika ombak sedang tak bersahabat, goncangan kapal bisa membuat mual perut dan pusing di kepala. Untungnya saya belum pernah mabuk di kapal he he.

Cuaca yang bagus dan baik bisa mempercepat waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari  Pelabuhan Bakauheni ke  Pelabuhan Merak. 

Tapi selama ini belum banyak atau bahkan dari sekian banyak kapal yang ada di Selat Sunda hanya beberapa kapal yang mungkin pernah kunaiki.

Gambar

KMP Sakura Express

Jika tak membawa bekal sebenarnya tak usah kuatir sebab di  dalam kapal sendiri ada penjual makanan ringan, seperti kopi, teh, mie, dan makanan sejenisnya. Selain itu hiburan lain bisa didapatkan dibeberapa kapal yang menyajikan live music. Rekomendasi saya jika bisa naik kapal Dharma Rucitra I yang menyajikan musik live dengan kesan mewah di setiap ruangannya, itupun kalau pas beruntung tepat dengan jadwal kapal milik Dharma Lautan Utama tersebut.

Setidaknya dari beberapa kapal yang ada di Selat Sunda saya sering mencoba untuk memotret kapal yang ada di Selat Sunda meskipun tak semuanya bisa saya potret. Bayangkan ada sekitar 44 kapal dari sekitar 19 perusahaan pelayaran dan jika harus menunggu mungkin tak bisa terpotret semuanya.

Setidaknya berikut kucatat nama nama perusahaan pelayaran di Selat Sunda serta kapal kapal yang mereka miliki. Beberapa berhasil kubidik dengan kamera Nikon D5200 ku namun beberapa akan menyusul kelak.

Nah, beberapa kapal yang berhasil kujepret meskipun butuh waktu lama diantaranya berikut:

Gambar

Kapal Dharma Kencana IX

Gambar

Kapal Bahuga Pratama

Gambar

Kapal Dharma Rucitra I

Gambar

Kapal Elysia

Gambar

Kapal Jatra I

Gambar

Kapal  Mutiara Persada I Panjang

Gambar

Kapal Mitra Nusantara

Gambar

Kapal Mufidah

Gambar

Kapal Mustika Kencana

Gambar

Kapal Port Link I

Gambar

Kapal Raja Rakata

Gambar

Kapal Royal Nusantara

Gambar

Kapal Windu Karsa Pratama

Nah, berikut nama nama Perusahaan Pelayaran yang ada di Selat Sunda:

1. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

a. JATRA I
b. JATRA II
c. Port Link I
d. Port Link III

2. PT. JEMLA Ferry

a. Menggala
b. Mufidah
c. Raja Rakata
d. Jagantara
e. Duta Banten

3. PT.Putra Master Sarana Penyeberangan

a. Nusa Dharma
b. Nusa Jaya
c. Nusa Mulia
d. Nusa Setia
e. Nusa Agung

4. PT.Windu Karsa

a. Windu Karsa Pratama
b. Windu Karsa Dwitya

5. PT.Atosim Lampung Pelayaran

a. Bahuga Pratama
b. Mutiara Persada I

6. PT Hasta Mitra Baruna

a. HM Baruna i

7. PT Gunung Makmun Permai

a. Rajabasa 1

8. PT Pelayaran Prima Eksekutif

a. Royal Nusantara
b. Mitra Nusantara
c. Titian Nusantara

9. PT Jembatan Madura

a. Titian Murni
b. Prima Nusantara
c. Marisa Nusantara
d. Panorama Nusantara

10. PT Tri Sumaja Lines

a. BSP I

11. PT TSL

a. BSP 3
b. BSP 2
c. Victorius 5

12. PT Tribuana Antar Nusa

a. Tribuana

13. PT Dharma Lautan Utama

a. Musthika Kencana
b. Dharma Kencana IX
c. Dharma Rucitra I

14. PT Munic Line

a. Caitlyn
b. Munic I
c. Elysia

15. PT Bukit Merapin Nusantara Lines

a. Sakura Express

16. PT Surya Timur Line

a. Shalem

17. PT Labitra Bahtera Pratama

a. Labitra Salwa (Docking)
b. Bontang Express II (Docking)

18. PT Bangun Putera Remaja

a. Rosmala

19. PT Sekawan Maju Sejahtera

a. SMS Kartanegara
b. SMS Mulawarman

Itulah asiknya mengenal kapal kapal di Selat Sunda yang pasti ada yang bagus dan ada yang tidak bagus berdasarkan kebiasaan mau naik yang mana.

Hingga awal tahun 2014 tercatat ada beberapa tambahan kapal baru yang datang di lintasan Selat Sunda Bakauheni-Merak yakni kapal Salvatore, Kapal Virgo 18, Kapal Portlink V, dan beberapa kapal lain direncanakan akan datang diantaranya Kapal Sebuku.

Gambar

Narsis di Kantor Gapasdap Bakauheni

Gambar

Kantor Gapasdap Bakauheni

Terimakasih buat Gapasdap Cabang Bakauheni

Iklan
Categories: Adventure and Treking, Backpackeran, Kisah Kisahku | Tag: , | 9 Komentar

Navigasi pos

9 thoughts on “Travel Via Sunda Strait: Apa Saja Kapal di Selat Sunda

  1. Mas Hendri, baca dan lihat foto-foto disini jadi bikin saya ngebet pengen nyebrang ke Lampung nih…

    Kalau suatu waktu bisa jadi kesana, wait for me ya Mas… 🙂

    Salam,

  2. mantap mas, saya juga udah ribuan kali nyebrang nih ”kali”. Ada beberapa yang saya ingat pernah naik. seperti Jatra 1 dan Jatra 3. Semua kapal Jemla udah saya icip. Windu karsa juga udah. Kapal paling resik, manajemen paling bagus, dan paling ramah sama penumpang itu Dharma Lautan Utama.

    Paling worst itu sp ferry, doooooh, ancur nih kapal, tapi kayaknya udah ga pernah ngelen lagi nih kapal.

    Belum pernah nyoba portlink nya ASDP, apalagi KMP Sebuku/Legundi nya. Slot nya ga pernah dapet soalnya haha, sial mulu selalu ketemunya pas di tengah jalan doank. duh!

    • Ia mas, memang kalau kita dalam perjalanan bukan untuk “naik kapal” dengan niat untuk memilih kapal yan bagus ya bisa dapat yang seperti mas sebutkan kualitasnya tadi he he. Tapi kalau memang “niat” pingin mencoba kapal kapal yang mas sendiri tau milik DLU dan beberapa kapal bagus di Selat Sunda memang harus lihat jadwalnya (meskipun kadang memang kita sebenarnya mengejar waktu). Ia dari sekitar nyaris 40 kapal yg ada di Selat Sunda saya pun belum mencoba semua..kadang sudah malas duluan kalau memang kapalnya sudah saya ketahui kurang bagus di dalamnya. Mending nunggu untuk naik kapal yang bagus.. Selamat menikmati perjalanan via Selat Sunda pastinya mas M.Nur Hambali..

      • andito

        Saya hampir puluhan kali nyebrang merak bakahueni, paling males kalo dpt kapal jelek & kotor. Cara dapetin jadwalnya dimana ya? Trus tau jadwalnya kiita jg ngga tau kapal apa yg bagus. Sekali2 nya dpt kapal paling bagus, kalo ngga salah nama kapalnya victory. Tempat duduknya bisa buat pijit kaya yg di mall-mall

      • Ia mas,,rata rata kan kita makai kapal krena memang ga mau nungghy, mksudnya dapat tiket diarahkan sama petugas ya masuk masuk aja,,daatlah kapal yg jelek, Kalau saya sih menyiasatinya lihat Display LCD yg ada di loby Ticketing,,jdai tau derma 1, 2, 3 dst nya kapal apa yang akan sandar dan akan kita naiki, Tapi ya itu tdi kembali ke soal waktu,,kalau buru buru kan mau jelek apa bagus ya naik naik saja..lain kali hubungi saya mas,,saya ajak naik kapal yang mas mau naik yg paling bagus,,,saya ajak naik

  3. Ping-balik: Serbuan Kapal Kapal Baru di Selat Sunda | Hendricus Widiantoro

  4. kapal2 tersebut ada jadwal pastinya gak ya menyebrang dr merak/bakau jam sekian?

    • Jadwal kapal kapal yang ada di Selat Sunda ada di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni dan Merak. Sementara untuk perusahaan pelayaran seperti PT Dharma Lautan Utama (DLU) bisa diakses melalui Twitter @Dlu_Merak yang bisa diakses jadwal harian kapal kapal PT DLU. Penjadwalan kapal pasti ada di PT ASDP karena dalam kondisi tertentu bisa terjadi perubahan karena cuaca, karena tekhnis dll..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: